LNSW Wakili Indonesia dalam Pertemuan ASWSC ke-25

LNSW Wakili Indonesia dalam Pertemuan ASWSC ke-25

Oleh Tim Humas LNSW

Pada 26-28 Oktober 2020, Lembaga National Single Window kembali menghadiri pertemuan rutin ASEAN Single Window Steering Committee (ASWSC) ke-25 yang digelar secara daring. Pertemuan yang dipimpin oleh Mr. Lee Boon Chong, Senior Assistant Director-General (Trade) of Singapore Customs tersebut dihadiri perwakilan dari seluruh negara anggota ASEAN dan ASEAN Secretariat.

Delegasi RI yang dipimpin oleh Direktur Efisiensi Proses Bisnis LNSW YFR Hermiyana dan didampingi oleh Kepala Subbagian Hukum dan Humas serta Kepala Seksi Integrasi Proses Bisnis Perizinan, mewakili Indonesia dalam pertemuan tersebut. Partisipasi Delegasi RI dalam pertemuan tersebut bertujuan untuk memastikan agar pengembangan ASEAN Single Window sejalan dengan kepentingan dan kesiapan Indonesia National Single Window.

Dua agenda pokok yang dibahas pada ASWSC kali ini, adalah mengenai peningkatan utilisasi eform D dan kebijakan pertukaran dokumen lain di lingkup ASEAN. Sesuai kesepakatan kesepuluh negara anggota ASEAN pada Pertemuan ASWSC ke-24, dilakukan kajian utilisasi ATIGA e-Form D pada kurun Januari 2019-Mei 2020. Bersama-sama seluruh negara anggota ASEAN berupaya untuk meningkatkan utilisasi e-Form D. 

Sementara itu terkait pertukaran dokumen lain di lingkup ASEAN, dalam waktu dekat, ditargetkan mulai dipertukarkan adalah ASEAN Customs Declaration Document (ACDD). Menyusul hasil yang positif dari uji coba ACDD yang telah dilakukan, live operation ditargetkan dimulai pada Desember 2020.

Pertemuan juga membahas beberapa proposal opsi international gateway dalam rangka pertukaran data antara DPs (Dialogue Partners) dan negara anggota ASEAN.

Pertemuan yang berjalan lancar tersebut ditutup dengan kesepakatan bahwa Pertemuan ASWSC ke-26 dijadwalkan akan dihosting oleh Vietnam pada 7-9 April 2021, dengan salah satu agenda utama pembahasan opsi international gateway dan rencana pertukaran dokumen lain negara anggota ASEAN.