Kunjungi LNSW, Kemenko Perekonomian Bahas Strategi Nasional Pencegahan Korupsi

Kunjungi LNSW, Kemenko Perekonomian Bahas Strategi Nasional Pencegahan Korupsi

Oleh Tim Humas LNSW

Lembaga National Single Window menerima kunjungan Asisten Deputi Fasilitasi Perdagangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, pada Senin (18/1) ini. Kedatangan tim Kemenko Perekonomian ke kantor LNSW adalah dalam rangka koordinasi peningkatan tata kelola ekspor/impor melalui sistem database di sektor pangan strategis dan kesehatan, yang merupakan bagian dari Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK).

Stranas PK sendiri merupakan arah kebijakan nasional yang memuat fokus dan sasaran pencegahan korupsi yang digunakan sebagai acuan Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan lainnya dalam melaksanakan aksi pencegahan korupsi di Indonesia. Penyusunan Stranas PK, dimaksudkan untuk mendorong upaya pencegahan korupsi yang lebih efektif dan efisien, dengan lebih terfokus pada sektor yang strategis dan mempengaruhi performa pembangunan, juga kepercayaan publik kepada Pemerintah.

Pencegahan korupsi diyakini akan semakin efisien jika beban administrasi dan tumpang tindih dapat dikurangi secara signifikan. Karena itu, diperlukan kolaborasi yang lebih baik antara kementerian/lembaga, pemerintah daerah, pemangku kepentingan lainnya, serta Komisi Pemberantasan Korupsi.

Keterlibatan LNSW dalam Stranas PK khususnya pada sektor strategis perizinan dan tata niaga, yang merupakan satu dari tiga fokus Stranas PK sangat vital, lantaran bersentuhan langsung dengan masyarakat. Pembenahan kegiatan perizinan dan tata niaga diharapkan dapat mewujudkan kemudahan perizinan dalam melakukan usaha dan investasi, peningkatan lapangan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi, serta penekanan biaya ekonomi pada komoditas pokok.

Sepanjang 2019-2020, LNSW melakukan aksi pencegahan korupsi di sektor perizinan dan tata niaga dengan berupaya mewujudkan integrasi dan sinkronisasi data impor di sektor pangan strategis dan kesehatan. Database ini akan digunakan sebagai perumusan kebijakan terkait dengan importasi  di sektor pangan strategis dan kesehatan.

Mengawali tahun yang baru, LNSW berkomitmen untuk terus mengupayakan pencegahan korupsi dengan mengoptimalkan pengelolaan data, menyajikan transparansi, dan membantu menyediakan data strategis melalui Sistem Indonesia National Single Window. Hal ini sejalan dengan komitmen dan upaya pemerintah dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi.